Tuesday, 25 June 2019

Google playstore dipenuhi ribuan aplikasi berbahaya : game populer ini diantaranya

Para peneliti yang memeriksa lebih dari 1 juta aplikasi yang diterbitkan di Google Play juga menemukan banyak aplikasi bebas malware palsu
MOUNTAIN VIEW - Dalam sebuah studi dua tahun oleh para peneliti dari University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, 2.040 aplikasi Android palsu dan sarat malware ditemukan di Google Play Store. Para peneliti yang memeriksa lebih dari 1 juta aplikasi yang diterbitkan di Google Play juga menemukan banyak aplikasi bebas malware palsu.  Namun, itu memerlukan izin untuk mengakses data "berbahaya".

Di antara judul yang paling palsu dilaporkan permainan yang sangat populer seperti Temple Run, Free Flow, dan Hill Climb Racing.  Para peneliti telah menggunakan jaringan saraf untuk mengidentifikasi ikon aplikasi yang mirip secara visual dan deskripsi tekstual yang dikaitkan dengan beberapa top 1

0,000 aplikasi paling populer di Play Store.  Model pembelajaran mesin kemudian melaporkan 49.608 pemalsuan potensial.

Hasil ini kemudian dipindai untuk malware menggunakan alat analisis VirusTotal online, dengan 7.246 di antaranya dilabeli dengan setidaknya satu virus antivirus.  Para peneliti mempersempit jangkauan mereka dan mengidentifikasi 2.040 aplikasi palsu dan berisiko tinggi.

Laman ComputerWorld melaporkan bahwa penelitian ini juga mempertimbangkan permintaan otorisasi dan pustaka iklan default.  Akibatnya, ada 1.565 permintaan untuk setidaknya lima persetujuan berbahaya dan 1.407 dari setidaknya lima iklan pihak ketiga yang disematkan.

Suranga Seneviratne dari University of Sydney mengatakan aplikasi telah berhasil melewati proses kontrol otomatis Google Play Store.  Karena itu, penting bahwa Anda selalu mencari solusi baru untuk menghapus perangkat lunak berbahaya dengan cepat.

Sebagian besar aplikasi yang diidentifikasi oleh investigasi ini telah dihapus setelah keluhan dan laporan dari pengguna.  Tim Google telah mengumumkan dalam beberapa bulan terakhir bahwa jumlah pengiriman aplikasi yang gagal pada tahun 2018 telah meningkat lebih dari 55%.  Di sisi lain, penangguhan aplikasi telah meningkat lebih dari 66%.

Di antara aplikasi yang paling palsu adalah game populer seperti Temple Run, Free Flow, dan Hill Climb Racing.
Ribuan aplikasi berbahaya ditemukan di playstore
Para peneliti menemukan aplikasi palsu dengan menciptakan alat yang dapat mengidentifikasi aplikasi dengan ikon serupa yang telah dirancang untuk menipu pengguna.

Dengan metode ini tim berhasil menemukan satu juta aplikasi yang mencurigakan.

Mereka kemudian mengategorikan semuanya ke dalam aplikasi mana yang seharusnya mereka tiru dan menemukan bahwa 49.608 aplikasi berpotensi palsu.

Semua aplikasi ini kemudian diperiksa malware.

Para peneliti mencatat bahwa sekitar 35% aplikasi yang mereka temukan tidak lagi tersedia untuk diunduh karena "berpotensi dihapus karena keluhan pelanggan."

Google terus mencoba dan melindungi penggunanya dengan Google Play Protect, yang bertujuan untuk melindungi perangkat Android dari aplikasi yang berpotensi berbahaya.

Awal tahun ini, juru bicara Google mencatat: "Menjaga ekosistem Android tetap aman bukanlah tugas yang mudah, tetapi kami sangat yakin bahwa Google Play Protect adalah lapisan keamanan penting yang digunakan untuk melindungi perangkat pengguna dan data mereka dengan tetap menjaga kebebasan, keragaman dan keterbukaan. itu membuat Android, well, Android. "

Selalu disarankan untuk memeriksa tiga kali aplikasi yang Anda unduh adalah versi sebenarnya dan Anda sering dapat melakukan ini dengan melihat peringkat dan membaca ulasan serta deskripsi.

Bagikan artikel ini


EmoticonEmoticon